Minggu, 21 Januari 2018, WIB


Camat

Camat mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut pada Pasal 4, Camat mempunyai fungsi:

  1. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  2. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  3. Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  4. Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  5. Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ditingkat kecamatan;
  6. Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan;
  7. Pelaksanaan pelayaan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan kelurahan;
  8. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan sesuai dengan lingkup tugasnya.

Sekretariat Kecamatan

Sekretariat Kecamatan mempunyai tugas membantu Camat dalam memimpin, merencanakan,melaksanakan, mengkoordinasikan kegiatan pelayanan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, perlengkapan, rumah tangga, informasi kehumasan dan ketatausahaan serta tugas-tugas lain sesuai ketentuan peraturan yang berlaku, raian tugas dimaksud pada Pasal 4 ayat (2) sebagai berikut :

  1. menyelenggarakan kegiatan adminsitrasi umum dan ketatausahaan;
  2. menyelenggarakan persiapan penyusunan anggaran kecamatan, evaluasi dan pelaporan;
  3. menyusun rencana kegiatan dan pengendalian Kecamatan;
  4. mengelola administrasi perkantoran, kearsipan, rumah tangga, perlengkapan, dokumentasi, perpustakaan dan kepegawaian kecamatan;
  5. membina organisasi dan tatalaksana dilingkungan Kecamatan;
  6. memberikan informasi dan kehumasan;
  7. membina tertib administrasi dilingkungan Kecamatan;
  8. mengkoordinasikan administrasi pelayanan publik dibidang penyelenggaraan pemerintahan daerah di wilayah Kecamatan;
  9. mengoordinasikan tugas-tugas kepada seluruh satuan organisasi Kecamatan;
  10. melakukan inventarisasi permasalahan-permasalahan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  11. menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  12. menyiapkan tugas-tugas lain yang diberikan sesuai dengan lingkup tugasnya.

Subbagian Umum dan Kepegawaian

Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok merencanakan, melaksanakan,mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas pelayanan administrasi umum, informasi kehumasan dan kepegawaian dilingkungan Kecamatan, Uraian Tugas dimaksud sebagai berikut:

  1. Menyusun rencana dan program kerja operaisonal kegiatan pelayanan administrasi umum,informasi kehumasan, rumah tangga, kepegawaian dan tata usaha
  2. Melaksanakan penerimaan,pendistribusian dan pengiriman surat-surat, naskah dinas danpengelolaan dokumentasi dan kearsipan Kecamatan
  3. Mengelola dan mengendalikan administrasi perjalanan dinas,pelayanan keprotokolan danpenyelenggaraan rapat dinas;
  4. Memberikan informasi dan pelayanan hubungan masyarakat, pengurusan rumahtangga,keamanan dan ketertiban kantor;
  5. Memelihara,merawat dan mengelola lingkungan kantor,gedung kantor, kendaraan dinas danset kecamatan lainnya
  6. Menyusun dab menyiapkan rencana kebutuhan sarana dan prasarana perlengkapan kantor;
  7. Melakukan pengadaan,penyimpaan,pendistribusian dan inventarisasi perlengkapan kantor
  8. Menyusun bahan penataan kelembagaan dan ketatalaksanaan pelaksanaan tugas Kecamatan
  9. Mengelola perpustakaan dan pendokumentasian peraturanperundang-undangan
  10. Mengumpulkan,Mengolah,menyimpan dan memelihara dataserta dokumentasi kepegawaian
  11. Menyusun dan menyiapkan rencana kebutuhan formasi dan mutasi pegawai;
  12. Manyusun danmenyiapkanbahan administrasi kepegawaian yang meliputi kenaikan
    • pangkat,gajiberkala,pensiun dan pemberian penghargaan serta peningkatan kesejahteraanpegawai;
    • Menyusundan menyiapkan pegawai untuk mengikuti pendidikan/pelatihan struktural,teknisdan fungsional serta ujian dinas;
  13. Melakukan fasilitasi pembinaan umum kepegawaian dan pengembangan karier serta disiplinpegawai
    • Menyusun dan menyiapkan pengurusan administrasi pensiun dan cuti pegawai;
    • Menyusun danmenyiapkan pengurusan administrasi SKP,DUK,sumpah/janji pegawai
    • Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugasr. Melakukan inventarisasi permasalahan-permasalahan dan menyiapakan bahan petunjukpemecahan masalah;
  14. Menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan bidangtugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  15. Menyiapkan tugas-tugas lain yang diberikan sesuai dengan lingkup tugasnya.

Subbagian Keuangan Perencanaan dan Evaluasi

Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas pokok merencanakan, melaksanakan,mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugas koordinasi, penyusunan rencana dan program kerja Kecamatan, pengelolaan administrasi keuangan dan pertanggung jawaban pengelolaan keuangan Kecamatan.

  1. menyusun rencana kerja operasional kegiatan perangatan pelayanan dan progran kerjaKecamatan;
  2. melakukan koordinator rencana dan program kegiatan perangkat Daerah lainyan di wilayahKecamatan;
  3. melakukan fasilitas penyusunan rencana penyelenggaraan Pemerintah melalui prosesmusyawarah perencanaan pembangunan;
  4. Menyusun rencana strategis Kecamatan;
  5. Menyusun rancangan peraturan penunjangpelaksanaan tugas;
  6. Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan Kecamatan;
  7. Melakukan fasilitasi pembinaan dan pengendalian kegiatan dan program yang dilaksanakanperangkat daerah diKecamatan;
  8. Melakukan koordinasi penyusunan program dan pengelolaan keuangan dengan sub unit kerjalain di lingkungan Kecamatan;
  9. Menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan pengelolaan administrasi danpertanggungjawaban pengelolaan keuangan Kecamatan;
  10. Mengumpulkan bahan anggaran Kecamatan;
  11. Mengelola administrasi keuangan anggaran pendapatan, belanja dan pembiayaan Kecamatan;
  12. Menyusun pembuatan daftar gaji serta tunjangan daerah;
  13. Merencanakan operasional kegiatan penyusunan rencana dan program administrasi;
  14. pengelolaan keuangan;
  • Melakukan piñata usahaan pengelolaan anggaran pendapatan, belanja dan
  • Pembiayaan Kecamatan; Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • Menyiapkan pertanggung jawaban pengelolaan anggaran pendapatan, belanja danpembiayaan Kecamatan;
  • Melakukan inventarisasi permasalahan-permasalahan dan menyiapkan bahan petunjukpemecahan masalah;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnyauntuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Menyiapkan tugas-tugas lain yang diberikan sesuai dengan lingkup tugasnya;

Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan yang meliputi pengembangan otonomi daerah, politik dalam negeri dan administrasi publik, kependudukan, hukum dan perundang-undangan, pertanahan, fasilitasi penyelenggaraan pemerintahan kelurahan serta melaksanakan tugas-tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

  1. Menyusun rencana program dan pelaksanaan kegiatan pelayanan pemerintahan Kecamatan;
  2. Melaksanaan penetapan pembinaan, fasilitas pelayanan/pemberian rekomendasi dan koordinasi pelaksanaan pengumpulan data dibidang pengembangan otonomi daerah, politik dalam negeri, administrasi publik, pertanahan dan kependudukan;
  3. Melaksanaan fasilitasi, pembinaan dan pengkoordinasian pengumpulan data yang berkaitan denganhukum dan perundang-undangan;
  4. Menyiapkan bahan pengusulan pemekaran/pemecahan dan penghapusan kelurahan dan kecamatan;
  5. Melaksanakan fasilitasi, pembinaan dan pengkoordinasiaan pengumpulan data yang berkaitan dengan perimbangan keuangan daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan;
  6. Melakukan pengumpulan bahan dan mempelajari Peraturan Perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang pemerintahan;
  7. Melakukan inventarisasi permasalahan-permasalahan dan penyiapan bahan petunjuk pemecahan;
  8. Melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap administrasi pemerintahan kecamatan dan kelurahan;
  9. Melakukan pelayanan administrasi pertanahan dan kependudukan;
  10. Mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam rangka Pemelihan Umum;
  11. Melakukan penyiapan bahan-bahan dalam rangka penyusunan pelaporan kegiatan kependudukan dan pertanahan;
  12. Melakukan pengawasan dan pemeriksa terhadap pengelolaan administrasi pertanahan;
  13. Melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap inventarisasi tanah, izin pemindahan hak atas tanah;
  14. Melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap penyediaan tanah untuk keperluan bangunan;
  15. Melakukan pengusutan kebenaran laporan atas pengaduan terhadap penyimpangan;
  16. Melakukan pembinaan terhadap organisasi masyarakat;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya;
  18. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  19. Melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan kecamatan dengan instansi terkait lainnya;
  20. Melaksanakan fasilitasi dan pembinaan pengkoordinasian pengumpulan data yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan, organisasi kemasyarakatan di kelurahan;
  21. Melakukan inventarisasi permasalahan-permasalahan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahanmasalah;
  22. Menyiapkan bahan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait, sesuai dengan bidang tugasnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  23. Menyiapkan tugas-tugas lain yang diberikan sesuai dengan lingkup tugasnya;

Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa

Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas membantu Camat dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan pelaksanaan tugas Camat dalam bidang pemberdayaanmasyarakat, pembangunan fasilitas pelayanan umum, perekonomian dan lingkungan hidup,pelaksanaan dan pengkoordinasian pelayanan pembangunan kemasyarakatan pemerintahan Desa.

  1. Melakukan penyusunan program dan pembinaan pembangunan sarana dan prasarana sertapembinaan pelayanan umum;
  2. Melakukan penyusunan program dan pembinaan usaha ekonomi masyarakat;
  3. Melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan pembangunan pemerintahankelurahan;
  4. Melakukan koordinasi dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di wilayahkelurahan;
  5. Melakukan pengumpulan data yang diperlukan untuk menyusun perencanaan pembangunan;
  6. Melakukan penyiapan bahan dalam rangka membina lembaga keagamaan dan sosial;
  7. Melakukan penyiapan bahan penyusunan program dalam rangka pembinaan ketenagakerjaan;
  8. Melakukan penyiapan bahan dalam rangka pengentasan kemiskinan;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas, fungsi dan ketentuan yangberlaku;
  10. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  11. Melakukan penyiapan tugas-tugas lain yang diberikan sesuai dengan lingkup tugasnya;

Seksi Ekonomi dan Pembangunan

Seksi Ekonomi dan Pembangunan tugas pokok dan fungsi pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di bidang perekonomian rakyat.

  1. melaksanakan pembinaan pembangunan perekonomian Desa serta produksi dan distribusi.
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) di atas, Seksi Ekonomi dan Pembangunan, mempunyai fungsi.
  3. penyusunan program kerja bidang Pembangunan Masyarakat Desa/Kelurahan.
  4. pelaksanaan pembinaan perekonomian, perbankan, perkreditan rakyat, dan perkoperasian.
  5. pelaksanaan pembinaan peternakan , pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan.
  6.  pelaksanaan pembinaan perindustrian, kepariwisataan, produksi dan distribusi.
  7. pelaksanaan pembinaan usaha informal, industri kecil dan kerajinan serta perekonomian rakyat dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Seksi Kesejahteraan Sosial

Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas:

  1. membantu Camat dalam menyiapkan bahan rumusan kebijakan dan pelaksanaan tugas Camat dalam bidang pelayanan kesejahteraan sosial, pembinaan kesehatan, pendidikan, keluarga berencana, keagamaan, sosial dan budaya, bantuan dan pelayanan sosial.
  2. Menyusun rencana program dan kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial dan kebudayaan;
  3. Melaksanakan fasilitasi pemberian rekomendasi dibidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian;
  4. Melaksanakan fasilitasi pemberian rekomendasi dibidang pendidikan, budaya dan pariwisata;
  5. Melaksanakan fasilitasi pembinaan dan pengkoordinasian dibidang keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera;
  6. Melaksanakan fasilitasi pemberian rekomendasi dibidang kesejahteraan sosial;

Seksi Ketentraman dan Ketertiban

Seksi Ketentraman dan Ketertiban tugas pokok dan fungsi pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dibidang ketentraman dan ketertiban.

  1. melakukan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum, pembinaan kesatuan bangsa, organisasi kemasyarakatan, perlindungan masyarakat serta pembinaan satuan Polisi Pamong Praja.
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) di atas, Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi.
  3. penyusunan program kerja di bidang ketentraman dan ketertiban, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat.
  4. pelaksanaan pembinaan dan pengendalian ketentraman dan ketertiban, kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat.
  5. pelaksanaan pembinaan satuan Polisi Pamong Praja dan organisasi kemasyarakatan.
  6. pelaksanaan kegiatan penegakan Peraturan Daerah dan penertiban perijinan.
  7. pelaksanaan pembinaan penanggulangan dan pemulihan akibat bencana alam.